19
Feb
09

Apa Sih Shared Folders itu?

Bagi teman-teman yang sudah pernah belajar atau membaca artikel tentang jaringan komputer pasti tidak asing lagi dengan istilah shared folders. Tapi tidak ada salahnya jika saya mereview sedikit tentang istilah tersebut, siapa tau aja ada yang belum pernah dengar (he…he… gayanya sok tau). Oke kita mulia aja yach…….(eh keliru, mulai ding)

Ada istilah local folders dan shared folders. Kalau local folders adalah folder-folder yang berada pada komputer yang kamu pakai. Misalnya kamu berada pada sebuah komputer yang terhubung pada jaringan, kemudian komputer yang sedang kamu pakai Hardisknya berkapasitas 80GB. Trus kamu partisi menjadi 3 partisi, yaitu drive C, drive D dan drive E. Nah pada masing-masing drive pasti ada folder-folder yang kamu simpan sesui dengan file-file yang kamu miliki. Folder-folder yang berada di drive C, drive D dan drive E itulah yang dinamakan local folders.

Sedangkan shared folders adalah folder-folder yang diatur agar folder tersebut bisa dibaca dan digunakan oleh user lain yang ada pada jaringan. Local folders bisa kita atur menjadi shared folders. Shared folder kalau kita terjemahkan ke bahasa indonesia artinya “folder-folder yang terbagi”.

Misalkan sekarang kamu berada pada sebuah jaringan, trus kamu ingin mengakses file temanmu yang filenya tidak tersimpan dikomputermu tapi tersimpan dikomputer lain dan komputer tersebut masih terhubung ke jaringan. Nah, Folder yang kamu akses dari komputermu ke komputer lain itu lah yang dinamakan shared folders. Tapi ingat, folder temanmu itu harus di sharing (mensetting shared folder) dulu melalui komputernya agar bisa terbaca di jaringan dan bisa sama-sama digunakan oleh user-user lain, kalau tidak ya kita tidak bisa mengakses folder tersebut. Pahammm……..?? poko’e gampang kok.

Mau tau cara men-sharing folder lewat windows XP ??????? Baca tutorialnya di blog ini juga.


0 Responses to “Apa Sih Shared Folders itu?”



  1. Leave a Comment

Leave a comment


Kategori

Tarikh Hijriyah

February 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Jumlah Pengunjung

wordpress stat

Komentar anda

Radio Streaming

[/gigya src="http://www.kajian.net/radiobox/mediaplayer.swf" quality="high" flashvars="width=210&height=395&file=http://www.kajian.net/radiobox/playlist.xml&displayheight=100&shuffle=false&showeq=true&showstop=true&overstretch=fit" wmode="transparent" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" height="395" width="210"]